Polri

Kapolda Maluku Pimpin Upacara Pembukaan, Volley Ball Tournamen Kapolri Cup 2023 Zona 7 Resmi Digelar di Ambon

AmbonMetro Regional.id – Kejuaraan Volley Ball Tournamen Kapolri Cup Tahun 2023 zona 7, resmi digelar di gedung sport hall Karang Panjang, kota Ambon, Maluku, Jumat (4/8/2023).

Pertandingan bola voli merebutkan piala Kapolri yang mempertemukan 4 provinsi di Timur Indonesia (Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat) ini resmi digelar melalui upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina, beserta Forkipmda Provinsi Maluku lainnya, turut hadir dalam pembukaan tersebut.

Kapolda Maluku Lotharia Latif, sebelum membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, terlebih dahulu membakar semangat para atlet dan official tim, wasit, serta suporter kejuaraan Kapolri Cup 2023.

“Pada kesempatan yang baik ini seharusnya Bapak Gubernur yang akan memimpin langsung dan membacakan amanat Kapolri dalam acara pembukaan ini tapi karena beliau sedang ada tugas kedinasan yang tidak bisa ditinggalkan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur dan Pemprov Maluku serta ketua PBVSI Maluku ibu Widya Murad Ismail yang telah mendukung kelancaran dan kesuksesan acara ini,” ucapnya.

Kapolda juga memberikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran dari Forkopimda Maluku. “Pada kesempatan ini sekali lagi saya atas nama Kapolda menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia kemudian juga dari PBVSI Pusat, dan para wasit beserta para atlet dan officialnya,” ungkap Kapolda yang disambut riuhnya tepuk tangan.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya membuka kejuaraan ini dibacakan oleh Kapolda Maluku di zona 7. Terdapat 34 provinsi yang berlaga dan terbagi dalam 8 zona. Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat masuk zona 7.

“Sebagai rangkaian peringatan hari Bhayangkara ke-77 selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia serta seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan ini,” kata Kapolri.

Kejuaraan Kapolri Cup 2023 diharapkan dapat menjadi ajang hiburan sekaligus sarana untuk mencari bibit-bibit atlet bola voli, sehingga mampu berprestasi baik pada kancah nasional maupun internasional.

“Selain itu kegiatan ini juga diharapkan mampu merekatkan hubungan Polri dengan masyarakat demi mewujudkan Polri yang dekat serta dicintai masyarakat sebagaimana transformasi Polri,” harapnya.

Bola voli, lanjut Kapolri, adalah salah satu olahraga yang populer di kalangan masyarakat. Ini dibuktikan dari hasil survei indikator politik Indonesia yang menunjukkan bahwa bola voli menempati peringkat ke-4 olahraga favorit di Indonesia. Tingginya minat masyarakat tersebut menjadi bekal bagi bangsa Indonesia untuk berprestasi pada olahraga bola voli.

“Hal ini ditunjukkan dengan berbagai keberhasilan tim bola voli Indonesia yang telah membawa harum nama bangsa di kancah dunia dengan mengukir prestasi pada kejuaraan tingkat internasional pada bulan Mei lalu kita ketahui bahwa Timnas bola voli Indonesia berhasil menjadi juara pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja,” ungkapnya.

Kemenangan tersebut, lanjut Kapolri, sekaligus menjadikan Indonesia sebagai juara SEA Games pada cabang bola voli selama 3 kali berturut-turut sejak SEA Games tahun 2019.

“Ini harus dipertahankan oleh karena itu perlu diberikan usaha kerja keras serta dukungan bukan hanya dari para atlet namun juga dari masyarakat, pemerintah, dan stakeholder sehingga kemampuan dan prestasi para atlet bola voli Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Kejuaraan bola voli Kapolri Cup yang digelar merupakan wujud nyata dukungan Polri. “Kejuaraan ini akan diikuti 34 tim putra dan putri dari setiap provinsi dan kejuaraan ini berlangsung sejak tanggal 4 Agustus sampai dengan 2 September 2023,” sebutnya.

Kejuaraan ini juga diharapkan dapat mengoptimalkan upaya penjaringan terhadap atlet muda berbakat. Sehingga diharapkan setiap tim diharuskan menyertakan atlet muda di daerah.

“Melalui hal tersebut diharapkan dapat melahirkan talenta muda berbakat yang mampu berprestasi di masa depan serta dapat mengharukan nama Indonesia,” harapnya.

Menutup amanatnya, Kapolri menyampaikan selamat bertanding kepada seluruh peserta. Teruslah semangat dan junjung tinggi sportivitas.

“Kita jadikan kejuaraan ini sebagai ajang untuk menguji kemampuan diri agar menjadi lebih baik, tapi hal yang penting juga perlu diingat bahwa pertandingan ini bukan hanya sekedar mencari juara namun sebagai wadah memupuk soliditas sesama anak bangsa terlebih saat ini sedang menghadapi tantangan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024,” pungkasnya.

Untuk diketahui, turnamen bola voli resmi dibuka dengan cara penekanan tombol serine. Tombol serine ditekan secara bersama-sama oleh Kapolda, Pangdam, Sekda Maluku mewakili Gubernur dan Forkopimda Maluku.

Setelah upacara pembukaan, kejuaraan bola voli Kapolri Cup 2023 di zona 7 langsung dimulai. Tim pertama yang berhadapan yaitu dari tim voli putri antara Maluku dan Papua Barat.(ernes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *