Perpanjangan STNK 5 Tahun Hanya 15 menit, Jasa Raharja Dorong Digital Leuwipanjang Jadi Samsat Percontohan*
Jawa Barat–Metro Regional id
Jasa Raharja memberikan apresiasi positif atas kehadiran Samsat Digital di Terminal Leuwipanjang yang diinisiasi oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bersama Tim Pembina Samsat Daerah Jaya Barat.
Layanan Kemsatan yang diresmikan pada akhir tahun lalu ini, merupakan Samsat pertama di Indonesia yang menyediakan layanan pembayaran pajak 5 tahun secara driverthru.
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A.Purnantono,menyampaikan bahwa Sansat Digital Terminal Leuwipanjang merupakan suatu layanan yang sangat baik.Ia mengatakan, terminal memilikibperanan penting untuk meningkatkan nilai sosial dan ekonomi
” Terminal juga memiliki suatu keistimewaan, yaitu tempat menurunkan dan menaikan penumpang serta unsur keselamatan , dimana tempat bus dilakukan ram check, sehingga sebelum berangkat dipastikan dalam kondisi sangat baik,” ujarnya saat melakukan kunjungan ke Samsat Digital di Terminal Leuwipanjang bersama Kakorlantas Polri pada Jumat (16/02/2024).
Kehadiran Sansat Digital Terminal Leuwipanjang dinilai Rivan adakah bentuk perubahan pelayanan digital yang baik patut dibanggakan.Kehadirannya, juga menjadi standarisasi batu yang patut dijadikan contoh untuk Bapenda dan Pembinaan Sasmat di seluruh Indonesia .
Di Samsat digital itu, para wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak tahunan secara self servicea cukup menggunakan KTP .Hal itu mengingat seluruh data sudah terintegrasi dengan Dukcapil.” Sedangkan pelayanan perpanjangan 5 tahunan , mulai dari cek fisik sampai penyerahan plat nomor, bisa diselesaikan dalam waktu 15 menit .
Dan pelayanan yang tidak memerlukan cek fisik cukup 5-10 menit, karena hanya tinggal melakukan pembayaran secara digital dan pengesahan ,” jelas Rivan.
Inovasi layanan tersebut akan menjadi referensi Samsat Nasional dalam memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat di seluruh Indonesia.
” Semoga perkembangan digital ini menjadi inspirasi bagi pembinaan Samsat lainnya Dan ini menjadi standarisasi baru yang akan kita bawa ke seluruh Pembina Samsat Daerah dari Pembinaan Samsat Nasional.”ujar Rivan.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kakorlantas Polri Irjen Pol AanSahanan yang didampingi Dirregudent Polri Brigjen Pol.Yani Yunus, mengatakan meskipun prosesnya telah diubah menjadi lebih cepat dan mudah melalui Implementasi teknologi, tetapi keseluruhan proses Regident tetap dijalankan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku .Hal ini merupakan komitmen dari institusi Kepolisian untuk memberikan layanan ayang berkualitas dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
” Dengan demikian, upaya-uoaya untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam proses administrasi kendaraan bermotor regulasi yang berlaku .Kamu percaya bahwa dengan Teru mengadopsi teknologi dan inovasi dalam diatim dministrasi Sasmat, pemerintah dapat lebih baik melayani masyarakat ‘ jelasnya (MR/02)