Daerah

Hatala” *Makan Patita Hidup Orang Basudara, Memperat Hubungan Tali Persaudaraan Tiga Desa Negeri Batumerah, Passo, dan Ema*

AmbonMetro.Regional.id

Maluku merupakan Adat dan Budaya Indonesia memiliki banyak tradisi, seperti dilestarikan oleh warga Batu Merah, makan Patita bersama tiga Desa/Negeri Batu Merah, gandong negeri Passo, dan negeri Ema .

Tradisi ini tetap dilestarikan warga desa batu merah , Ambon, Maluku bahkan hari ini, Minggu ,(18/5/2024) moment yang ditunggu tunggu oleh Pela dan gandong ( saudara ) desa negeri Batu merah ,Passo dan Ema.

“Moment ini , setiap tahun kami tak luput dilakukan acara makan patita, dengan bertujuan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar masyarakat batu merah, Passo dan Ema.

Hal ini terbaik untuk merajuk hubungan akan semakin memperkokoh ; atau persaudaraan di antara kita yang merupakan modal dasar bersama-sama untuk saling menghidupi, bukan saja dalan perbedaan tetapi juga dalan persaudaraan tiga negeri , Pela ade kaka gandong dengan asuhan cara makan patita dan kedepan , terus mempertahankan Adat Istiadat yang leluhur.” ungkap kades Batu merah.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Negeri Batu Merah ,Passo dan Ema ,turut. dihadiri Pj Walikota Ambon Drs. Bodewin Wattimena beaerta Forkopinda Kota Ambon swrta tokoh adat keriga negeri bersama masyarakatnya.

Pemerintah Provinsi Maluku juga menyambut baik kegiatan makan patita ini , Ia mengatakan moment ini jangan hanya dijadikan sebuah rutinitas , bahkan harus dimaknai srbagai wujud persaudaraan sejati ,dan introspeksi terhadap berbagai bentuk interaksi sosial dengan sesama manusia dan lingkungan dimaluku khususnya Kota Ambon.

Menurutnya ” Kondisi ini ,kalau tidak dilakukan, segala waktu akan hilang budaya adat Istiadat orang maluku, dengan melibatkan banyak orang untuk duduk satu meja, dengan menikmati ragam sajian tradisional Maluku yang dimaknai sebagai perangkat tali persaudaraan serta jembatan emas pela gandong dan hidup orang basudara. kata Kepada desa Batu merah di ruang kerjanya Jumat, (18/5/2024)

“Olehnya itu dengan adanya moment ini, maka kita bisa bersatu dan bergadeng tangan ,membangun komunikasi ,bersatu dalam ikatan orang Basudara.

“Acara makan Patita bersama ini, akan turut diundang PJ Walikota Ambon.Drs.Bodewin Wattimena , bahkan Pemerintahan daerah Provinsi maluku.ungkapnya.

Untuk acara makan patita ini akan diagendakan untuk dilakukan setiap tahun sekali, dan baru pertama dilakukan makan Partita ini dilakukan , dan dua Negeri Passo , Ema akan diagendakan supaya ditahun-tahun kedepan dalam satu tahun. ditambahkan dan, apabila gandong Passo dan Ema sudah Lantik menjadi raja negeri definitif maka kita akan lakukan satu kegiatan, yang disebut dengan Panas Pela”.tuturnya

“Pada Acara makan patita Desa Negeri Batu Merah dan pela Passo, Ema akan disambut dengan,harapan kedepan, ketiga negeri ini bisa berjalan sama sama dan bisa membangun kota Ambon.yang lebih baik lagi.pungkasnya (MR02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *